Seemous.com, Semua orang pasti memiliki kesukaan dalam mendengarkan musik, alunan nada yang diciptakan oleh berbagai alat musik sehingga menjadi sebuah alunan lagu yang sangat enak untuk didengar. Beberapa alat musik tradisional dan elektrik sudah banyak yang kita tahu, namun ternyata ada beberapa alat musik elektronik yang jarang diketahui banyak orang.

Alat Musik Elektronik.
Alat Musik Elektronik.

Untuk itu mari kita langsung saja melihat alat musik elektronik tersebut.

Theremin
Theremin ditemukan dan dipatenkan pada tahun 1928 oleh seorang ahli ilmu fisika yang bernama Lev Termen yang berasal dari Rusia, yang memang alat ini juga berasal dari Rusia tentunya. Dan cara kerja Theremin ini adalah yaitu dengan cara melalui frekuensi radio yang dipakai juga dengan antena dan kapasitor variabel yang menghasilkan frekuensi tersebut.

Dan untuk memainkan alat ini hanya dengan melambaikan tangan ke atas Theremin ini, jadi tidak perlu melakukan kontak fisik secara langsung dengan alat ini.

Korg Kaossilator
Korg Kaossilator ini adalah alat musik yang mampu menghasilkan macam-macam suara, juga dapat menghasilkan loop terus menerus. Alat ini banyak digunakan oleh para Disc-Jokey (DJ). Alat ini juga tergolong berukuran kecil dari alat musik lainnya, yang mana alat ini merupakan sebuah alat yang unik.

Laser Harp
Laser Harp ialah alat elektronik musik yang mengubah bentuk sinar laser tersebut menjadi suara atau musik, yang mana Laser Harp ini mirip mirip dengan gitar tetapi dawainya terbuat dari laser. Dan cara memainkannya hampir sama dengan memainkan keyboard, kita hanya menyentuh sinar hijau yang menyala tersebut, maka akan terjadi suara musik dan irama-iramanya.

Tenori On
Alat musik elektronik lainnya adalah Tenori On, alat ini berbentuk seperti papan, yang terdapat tombol yang memenuhi seluruh bidang. Tenori On bukan alat musik biasa, yang mana alat musik buatan yamaha itu menggunakan perangkat gabungan synthetizer dan sequencer. Dua perangkat itu merupakan perangkat wajib untuk menghasilkan musik elektronik.

Tenori On ini terdapat 16 tombol, dengan total 256 tombol LED yang tersebar di seluruh permukaan perangkat, masing-masing tombol menghasilkan pula beragam irama dan suara.

Eigenharp
Eigenharp yaitu alat elektronik musik yang berasal dari Inggris, yang mulai diperkenalkan kepada khalayak umum pada tahun 2009 oleh John Lambert. Di sini terdapat 120 tombol yang sensitif terhadap tekanan yang dimainkan oleh pemainnya, dan cara memainkannya mirip dengan memainkan gitar tetapi menghasilkan bermacam-macam suara, dan bahkan Eigenharp bisa dimainkan dengan cara ditiup. Pada eigenharp ini juga terdapat 3 input, yaitu keyboard, midi tap dan alat tiup.

Reactable

Reactable ini berbentuk seperti meja, yaitu merupakan alat musik elektronik dengan cara disentuh, hal yang menarik dengan alat musik ini adalah menghasilkan suara dari sentuhan-sentuhan di atas papan biru yang menyala tersebut. Cara memainkannya ialah dengan cara meletakkan blog-blog persegi, segi lima dan lingkaran yang ada di atasnya.
Yang pada awalnya Reactable dikembangkan oleh Music Technology Group di Universitas Pompeu Fabra yang terletak di Barcelona, Spanyol.

Alat Musik Elektronik.
Alat Musik Elektronik.

Itulah beberapa alat musik elektronik yang jarang diketahui banyak orang, padahal mungkin salah satu alat musik elektronik diatas sering kita dengar tanpa sadar. Namun meskipun alat musik tradisional maupun elektronik ataupun modern semuanya dapat menciptakan alunan nada yang indah dan nyaman untuk didengar, karena yang terpenting adalah kita menghargai setiap alat music tersebut kerena dapat menciptakan alunan nada yang indah dan enak didengar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here