Seemous.com, Ruang tamu adalah ruangan yang harus lebih kita perhatikan, karena ruang tamu menjadi sebuah ruangan paling depan yang siap untuk menyambut atau menerima orang yang bertamu ke rumah kita. Tentunya pemilihan furniture ruang tamu harus sesuai dan sangat tepat, karena orang yang bertamu kerumah kita bisa saja menilai siapa kita dari isi ruang tamunya.

Furniture Ruang Tamu.
Furniture Ruang Tamu.

Untuk itu ada hal yang harus kamu perhatikan sebelum memilih furniture untuk ruang tamu, agar kamu dapat menata ruang tamu dengan baik dan benar. Agar kamu memiliki ruang tamu yang nyaman dan membuat orang yang datang ke rumah kamu menjadi betah, selain ruang tamu dan rumah kamu akan memiliki reputasi yang sangat baik.

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum memilih furniture ruang tamu.

Selaraskan Furniture dengan Kondisi Ruang
Ini adalah hal mutlak yang harus kamu penuhi. Meski kamu memiliki furniture unik sekalipun, jika tidak senada dengan konsep ruang–tentu hal ini hanya akan membuang waktu, uang, dan tenaga. Sebagai pedoman, berikut adalah beberapa pertimbangan terkait pemilihan furnitur sesuai kondisi ruang.

Ukuran Furniture
Untuk mendapatkan ukuran yang ideal, ada baiknya jika terlebih dulu menentukan ukuran dan kondisi ruang. Sebagai contoh, hunian minimalis dengan keterbatasan ruang–tentu akan lebih cocok jika diisi dengan beragam furnitur berukuran kecil hingga sedang. Adapun “memaksakan” untuk meletakkan furnitur yang terlampau besar hanya akan membuat ruangan terasa sempit, sumpek, dan tidak nyaman.

Furniture Ruang Tamu.
Furniture Ruang Tamu.

Bagaimana pun, hindari membeli furnitur berukuran sangat besar–terlebih jika pada akhirnya perabot itu tidak sesuai dengan kebutuhan keluarga kamu. Selain pengeluaran yang “membengkak”, hal ini juga akan mengakibatkan tampilan hunian jadi tidak indah.

Pemilihan Warna
Pilihlah warna yang senada dengan dinding maupun elemen dekorasi interior yang lain. Adapun cara mudahnya, bisa dengan menyelaraskan warna dominan yang ada di dalam ruang serta menghindari penerapan warna kontras rendah. Kedua cara ini sendiri amat penting, terutama untuk menjamin kehadiran furniture agar menyatu dan tidak menimbulkan ketimpangan yang mampu merusak keindahan ruang.

Desain
Sudah menjadi hal yang umum, bahwa kamu harus memilih desain furnitur ruang tamu yang senada dengan tema ruang. Kendati demikian, tetap disarankan agar kamu memilih desain furnitur yang tidak lekang waktu. Selain menghemat budget kamu pun bisa “berkreasi” dengan mengubah-ubah tampilan furnitur sesuai zaman.

Pilih Bahan Berkualitas dan Punya Konstruksi yang Kuat

Ada banyak bahan furnitur yang tersedia di pasaran. Namun untuk usia dan ketahanan yang lebih lama, kamu bisa memilih furnitur dengan konstruksi kayu salah satu contohnya bisa ditemui dalam ragam furniture Jepara. Selain terkesan alami kayu juga memiliki daya tahan yang lebih bagus, ketimbang bahan lain seperti alumunium atau kayu partikel.

Adapun pada jenis lain, pastikan kamu memilih furniture dengan kualitas finishing dan kain pelapis yang baik. Beberapa tolok ukurnya, seperti bahan dan teknik pernis; ketahanan terhadap kotoran maupun debu; kemudahan perawatan serta kualitas warna.

Sesuaikan dengan Anggaran

Apa pun jenis furniture yang dipilih, disarankan untuk menyesuaikan dengan anggaran yang kamu miliki. Meski tidak selalu berarti mutlak, hindari membeli furniture murah, sebab biasanyahal tersebut akan berdampak pada kualitas yang diberikan.

Nah itulah hal yang harus kamu perhatikan sebelum memilih furniture ruang tamu, agar furniture yang kamu pilih sesuai dengan kondisi ruang tamu yang kamu miliki. Dengan begitu kamu akan memiliki ruang tamu yang indah dan bikin nyaman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here