Seemous.com, Dunia maya sempat digemparkan dengan sosok motor elektrik roda tiga yang dikendarai seorang wanita yang mengenakan jilab, motor tersebut memiliki merek Tiger yang tertulis dibagian pintunya. Hal tersebut tentunya membuat ramai jagat dunia maya, sehingga foto tersebut viral dan banyak orang yang penasaran dengan motor elektrik tiga roda tersebut dan pengemudinya.

Motor Elektrik.
Motor Elektrik.

Jika kamu juga penasaran tenang saja, karena kita akan memberikan fakta menariknya.

Spesifikasi Motor Elektrik Tiger

Sepeda motor roda tiga bermerk “Tiger” ini memiliki dimensi 200 cm x 100 cm x 160 cm, dengan muatan sebanyak 3 orang yang terdiri atas satu driver dan dua penumpang. Berbeda dengan sepeda motor pada umumnya, “Tiger” merupakan sepeda motor ramah lingkungan karena menggunakan tenaga listrik sehingga tidak mengeluarkan gas emisi. Berat sepeda motor mencapai 100 kg. Terdiri dari dua pintu di samping kanan dan kiri seperti bajaj, spion seperti mobil yang dapat dilipat dan setir seperti motor matic.

Sepeda motor akan melaju seperti motor matic yang hanya butuh memutar selongsong gas. Kecepatan yang dapat ditempuh mencapai 35 km/jam, sementara jarak tempuhnya yaitu 60 km untuk jalan datar. Sepeda motor dilengkapi dengan baterai bertipe 60 V – 20 A. Untuk mengisi bahan bakar, cukup charge baterai selama kurang lebih 5 jam.

Pemilik yang Viral

Pemilik dari sepeda motor listrik yang masih viral di internet adalah Dwi Ari Susanti, seorang ibu rumah tangga. Dilansir dari tribunnews.com, Ari sering mengendarai sepeda motor tersebut untuk keperluan sehari-hari seperti mengantar anak sekolah dan belanja sayur di pasar.

Motor Elektrik.
Motor Elektrik.

Ari membeli sepeda motor tersebut sejak pertengahan tahun 2016 lalu di Surabaya. Ari mengaku bahwa dia tidak bisa mengendarai mobil meskipun bertransmisi otomatis, sedangkan untuk motor roda dua Ari merasa takut. Oleh karena itu, pembelian sepeda motor listrik merupakan solusi terbaik.

Harga Motor Elektrik Tiger

Motor Elektrik roda tiga ini dibanderol dengan harga Rp 32,5 juta plus garansi servis aki dan dinamo selama setahun, namun tidak termasuk suku cadang. Harga tersebut mengalami penurunan pada awal tahun 2017. Tahun 2016, harganya berkisar Rp 39 juta. Proses pembayaran dapat dilakukan secara transfer maupun datang langsung ke toko.

Calon konsumen hanya diminta membayar uang muka senilai Rp 5 juta. Pertengahan tahun 2017, unit sepeda motor akan datang dari China dan dapat langsung dikirim ke konsumen. Proses pengiriman selama 2 sampai 7 hari. Motor dikirim melalui ekspedisi Elteha dan tidak termasuk asuransi. Penjual tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang diakibatkan oleh ekspedisi.

Lokasi penjualan

Perusahaan penjual motor listrik roda tiga yaitu “Tiger Cycle” yang merupakan produsen dan distributor sepeda listrik tunggal di Indonesia. Perusahaan tersebut berdomisili di pertokoan Pasar Turi Kompleks Sinar Galaxy, Surabaya, Jawa Timur. Pemilik perusahaan mengaku kewalahan meladeni permintaan konsumen yang cukup tinggi dikarenakan masih ramai diperbincangkan di dunia maya.

Belum ada BPKB, plat nomor dan STNK

Keberadaan motor elektrik tersebut mungkin akan semakin berkembang di negara Indonesia. Namun UU Lalu Lintas tentang kendaraan bermesin elektrik belum diatur secara khusus. Jadi, motor listrik belum memiliki surat-surat lengkap seperti BPKB, plat nomor dan STNK. Namun tenang saja motor elektrik akan segera hadir dan banyak dijual di Indonesia, mungkin nanti ada UU Lalu Lintas yang mengatur masalah ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here